Jumat, 03 Juni 2016

Tata Cara Pembelian Reksadana PAM
 

TATA CARA PEMBELIAN REKSADANA

1. Mengisi Formulir Asli (Subscription Form + Tambahan Data + Profil Pemodal)
2. Fotocopy KTP
3. Fotocopy NPWP (tidak wajib)
4. Fotocopy Bukti Transfer (jika transfer bukan melalui Virtual Account)** Formulir harus ditandatangani dan diisi dengan lengkap

Formulir dapat diperoleh dengan cara :
1. Melalui website (www.panin-am.co.id)
  • Pilih Formulir & Aplikasi – Formulir Umum – klik Formulir Individual di kolom “Unduh Isi Kirim”, setelah itu masukkan nama & alamat email Anda maka formulir akan dikirimkan secara otomatis ke alamat email Anda
    Berikut ini link nya http://www.panin-am.co.id/FormOnlineDownload.aspx?id=1
  • Pilih Formulir & Aplikasi – Formulir Umum – klik Pengisian Formulir Online di kolom “Unduh Isi Kirim”, setelah itu Anda dapat mengisi seluruh informasi data yang diminta dan ikuti langkah-langkahnya. Pengisian Formulir Online hanya dapat dilakukan untuk calon nasabah baru yang belum pernah menjadi nasabah Panin Asset Management sebelumnya.

Berikut ini link nya http://www.panin-am.co.id/CustomerRegistrationIntro.aspx



2. Datang langsung
Anda dapat mengisi langsung formulir pembelian tersebut di kantor pusat ataupun kantor cabang Panin Asset Management dan Panin Sekuritas yang terdekat di wilayah Anda
Untuk Pembelian Awal, sesuai dengan Peraturan yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan tentang Prinsip Mengenal Nasabah, “setiap investor yang baru berinvestasi di reksa dana disyaratkan untuk melakukan pertemuan tatap muka dengan agen penjual”.
Anda dapat melakukan tatap muka dengan cara:
  1. Mengunjungi kantor pusat atau cabang Panin Asset Management dan Panin Sekuritas pada jam kerja (Senin – Jumat, pukul 09.00 – 17.00 WIB)
  2. Menghubungi Marketing Kami untuk melakukan pertemuan (jika Anda tidak dapat mengunjungi kantor Kami)
  3. Menggunakan media elektronik yang direkam, seperti via Telepon, Email, Skype dan lainnya (jika pada point pertama dan kedua tidak dapat dilakukan)

PROSES PEMBELIAN PERDANA

Berikut ini tahapan proses pembelian Reksadana pertama kali :
• Mengisi formulir subscribe dengn melampirkan foto copy KTP yang masih berlaku
• Mengirimkan seluruh dokumen pembelian Reksadana melalui email / datang langsung
• Setelah dokumen diterima oleh pihak Panin Asset Management, Kami akan melakukan verifikasi data by phone
• Kami akan melakukan request nomor rekening Virtual Account sesuai produk yang dipilih oleh calon nasabah
• Nomor rekening Virtual Account akan dikirimkan melalui SMS
• H+1 setelah calon nasabah menerima nomor rekening Virtual Account, Anda dapat melakukan transfer ke nomor Virtual Account tersebut dengan cara,
 Untuk calon nasabah yang memiliki rekening Bank BCA, dana dapat ditransfer melalui ATM, E-Banking, ataupun melalui Teller
 Untuk calon nasabah yang tidak memiliki rekening BCA, dana hanya dapat ditransfer melalui Teller Bank (dengan mengikuti petunjuk yang diberikan)
Dokumen lengkap yang kami terima sebelum cut off time (pukul 13.00 WIB) akan kami proses langsung menggunakan harga NAB pada hari tersebut sesuai dengan penutupan bursa sore harinya dan harga NAB tersebut baru akan diketahui/diumumkan keesokan harinya (harga NAB dapat dilihat di website).

JENIS BIAYA YANG DIBEBANKAN KEPADA PEMEGANG UNIT REKSADANA
JENIS BEBAN BIAYA BESAR BIAYA KETERANGAN

Biaya Pembelian & Top Up (Fee In) 4% Untuk Minimal Transaksi Rp. 100,000 - < Rp. 250,000
2% Untuk Minimal Transaksi > Rp. 250,000
0% Khusus Produk Panin Dana Likuid
Biaya Penjualan (Fee Out) 0 - 1% Tergantung dari jangka waktu investasi setiap produk Reksadana
Biaya Autodebet (jika mengikuti program Auodebet) 2% Untuk transaksi autodebet Rp. 250,000 - Rp. 999,999
1% Untuk transaksi autodebet > Rp. 1,000,000
Biaya Pengalihan (Switching) 1% Dari nilai transaksi
Biaya Transfer Antar Bank Tergantung dari ketentuan yang berlaku dari setiap Bank
YANG AKAN DIDAPATKAN OLEH PEMEGANG UNIT REKSADANA
Setelah transaksi pembelian awal berhasil diproses, maka seluruh nasabah Panin Asset Management akan mendapatkan :
1. AKUN LOGIN
Akun Login (berupa Username dan Password) akan dikirim melalui alamat email nasabah yang terdaftar di sistem Panin Asset Management dan dapat digunakan dalam waktu 1-3 hari kerja setelah transaksi pembelian awal berhasil diproses.
Disini, seluruh nasabah dapat melakukan Transaksi Online (Redeem, Pengkinian data, Top Up Online, dan juga Keluhan), melihat atau memantau portfolio reksadana yang dimiliki dan melihat perkembangan berita terkini yang diberikan oleh pihak Panin Asset Management.
2. E-STATEMENT
Seluruh nasabah akan mendapatkan surat konfirmasi pembelian dan laporan bulanan Reksadana yang akan dikirimkan oleh Bank Kustodi melalui email nasabah yang terdaftar di sistem Panin Asset Management.
PROSES PENAMBAHAN UNIT (TOP UP)
Untuk pembelian selanjutnya (Top Up), Anda dapat melakukannya dalam 3 cara :
1. Top Up manual (non Virtual Account)
Anda cukup mentransfer dana ke rekening tujuan, kemudian bukti transfer tersebut diberikan kepada kami via email (cs@panin-am.co.id) sebelum cut off time (pukul 13.00 WIB), namun jika melebihi cut off time tersebut, maka NAB/unit yang berlaku adalah NAB/unit pada hari Bursa selanjutnya. Jika Anda sudah melakukan pengiriman bukti transfer pembelian reksa dana via email kepada Kami, mohon agar Anda langsung melakukan konfirmasi kepada Customer Service via telpon, untuk memastikan apakah Kami telah menerima dan memproses transaksi Anda atau belum.
2. Top Up Online (non Virtual Account)
bagi nasabah yang telah memiliki User ID dan Password, Anda dapat melakukan top up online dengan Log In melalui website lalu klik TOP UP ONLINE, lalu isi keterangan yang diminta, lalu masukkan bukti transfer nya (dalam bentuk attachment) sebelum cut off time (pukul 13.00 WIB), namun jika melebihi cut off time tersebut, maka NAB/unit yang berlaku adalah NAB/unit pada hari Bursa selanjutnya.
3. Top Up melalui Virtual Account
bagi nasabah yang telah memiliki nomor Virtual Account, Anda cukup mentransfer dana ke nomor rekening Virtual Account yang telah dimiliki oleh setiap nasabah sesuai produk yang dimiliki sebelum cut off time (pukul 13.00 WIB), namun jika melebihi cut off time tersebut, maka NAB/unit yang berlaku adalah NAB/unit pada hari Bursa selanjutnya.
PROSES PENJUALAN (REDEMPTION)
Nasabah dapat mendapatkan dananya kembali dengan cara melakukan Proses redemption (Penjualan Kembali) dengan cara :
1. DOWNLOAD FORM REDEEM
- Login di website kami www.panin-am.co.id
- Setelah login disebelah kiri layar ada beberapa tab, pilih tab unduh formulir. Berikut tampilannya :
- Kemudian pilih tipe formulir : Formulir Redemption
- Check kembali Rekening Tujuan dana akan ditransfer
- Pilih Reksa Dana yang akan dicairkan
- Kemudian Jumlah yang akan dicairkan, bisa Unit maupun Rupiah. Apabila ingin menjual seluruh reksa dana milik Anda pilih Total unit.
- Kemudian klik Unduh
- Print formulir tersebut dan kemudian tandatangani formulir tesebut
Setelah form redemption Anda unduh/isi, Anda cukup mengirimkan soft copy (via email/fax) sebelum cut offtime (pukul 13.00) untuk diproses dengan menggunakan NAB sesuai penutupan pada hari yang sama.
Kemudian dana Anda akan ditransfer oleh Bank Kustodian ke rekening pribadi Anda dalam waktu 2-4 hari kerja(kecuali Panin Dana Likuid T+1).
2. REDEEM ONLINE
- Login pada website Kami (www.panin-am.co.id)
- Pilih menu Transaksi Online pada kolom sebelah kiri
- Pilih jenis transaksi yang akan dipilih
- Password untuk transaksi akan dikirimkan melalui SMS dan Email yang terdaftar
***Nasabah dihimbau untuk tetap mengaktifkan nomor telephone yang terdaftar di system Kami untuk keperluan konfirmasi proses redemption oleh Customer Service. Dana akan ditransfer oleh Bank Kustodi ke rekening nasabah dalam waktu 2 – 4 hari kerja.
PROSES PENGALIHAN (SWITCHING)
Proses Switching atau Pengalihan, berlaku untuk seluruh produk Reksadana Panin Asset Management kecuali Panin Dana Teladan, Gebyar Indonesia, Panin Dana Berkala & Panin Dana US Dollar, dengan biaya switching 1%. Dan pastikan sebelumnya Anda harus memiliki produk yang Anda inginkan/Anda alihkan.
Formulir Switching dapat di download di website. Anda dapat memasukkan besarnya jumlah unit atau nominal dana rupiah yang akan Anda Switch kemudian menyertakan tandatangan Anda.

TATA CARA MENGIKUTI / MEMBATALKAN PROGRAM AUTODEBET

• Untuk mengikuti program autodebet
Anda dimohon untuk mengisi form-form berikut (dapat di download di website http://www.panin-am.co.id/ViewForms.aspx?id=viewForms ),
 Form Investasi Berkala
 Surat Kuasa sesuai Bank yang dipilih
 Foto copy KTP
 Foto copy cover buku tabungan
• Untuk membatalkan program autodebet
Anda dimohon untuk mengisi form-form berikut (dapat di download di website http://www.panin-am.co.id/ViewForms.aspx?id=viewForms ),
 Surat Pencabutan Kuasa (sesuai Bank yang digunakan sebelumnya)
 Foto copy KTP
Setelah semua sudah lengkap, seluruh dokumen tersebut dapat dikirimkan melalui pos ke alamat kantor Kami.
Kami akan segera memprosesnya jika dokumen aslinya sudah Kami terima.
Sebagai informasi, seluruh dokumen tersebut paling lambat sudah Kami terima sebelum cut off time,
• Tanggal 10 di bulan sebelumnya (untuk periode autodebet tanggal 1)
• Tanggal 25 dibulan sebelumnya (untuk periode autodebte tanggal 16)
Sebagai Informasi tambahan sebelum berinvestasi Reksa Dana, hal-hal yang perlu menjadi pertimbangan para investor adalah sebagai berikut :
1. setiap unit penyertaan pada reksadana dapat mengalami perubahan nilai, tidak dijamin oleh bank, dan tidak terasuransi oleh kebijakan pemerintah.
2. Investasi Reksa Dana Panin idealnya adalah untuk jangka waktu yang panjang (5 tahun keatas), sebaiknya benar-benar ditujukan untuk berinvestasi atau pertumbuhan dana.
3. Sebaiknya investasi Reksa Dana menggunakan dana yang sedang menganggur, dana yang tidak ada rencana untuk digunakan dalam beberapa waktu/tahun kedepan.
Demikian Informasi yang dapat Kami sampaikan, jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan lebih lanjut, silahkan menghubungi Kami kembali.
Pastikan Anda telah membaca prospektus sebelum berinvestasi di reksadana (http://www.panin-am.co.id/ViewStatement.aspx).
Kunjungi website PAM di : www.panin-am.co.id

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah menghubungi kami. Mohon ditunggu

Contact Us

Address :

Jl. Scientia Boulevard, Kav U2, Summarecon
Tangerang